21 Juni 2015

Resep Ulukutek Oncom dan Leunca Khas Sunda

Resep Ulukutek Oncom dan Leunca Khas Sunda, tumis oncom, masakan khas sunda
Resep Ulukutek Oncom dan Leunca Khas Sunda | Ulukutek oncom dan leunca merupakan panganan khas dari daerah sunda, terkadang disebut juga tumis oncom. Bahan utamanya adalah Oncom, dan leunca hanyalah pelengkap dan pemberi warna pada ulukutek oncom karena warna oncom tidak akan menarik tanpa adanya leunca. Daun kemangi juga berperan penting dalam proses pembuatan ulukutek oncom ini, karena wangi yang dihasilkan oleh daun kemangi membuat rasa dari ulukutek oncom menjadi hidup. 

Perpaduan yang pas antara oncom, leunca dan daun kemangi membuat ulukutek oncom selalu dinikmati dan selalu dihidangkan dalam acara kekeluargaan masyaraka sunda. Tidak terlepas dari kebiasaan masyaraka sunda yang amat hobi berkumpul bersama sanak saudara, maka uluutek oncom adalah makanan yang pas untuk disajikan. 

Resep Ulukutek Oncom dan Leunca Khas Sunda, tumis oncom, masakan khas sunda

Kehadiran ulukutek oncom dapat menjadikan pertemuan antar keluarga pada jam makan siang menjadi lebih kekeluargaan. Rasanya yang tidak terlalu manis membuat masyarakat sunda selalu melestarikan ulukutek oncom ini karena cocok pada lidah masyarakat sunda.

Harga oncom yang murah menjadi alasan dimana ulukutek oncom dapat dinikmati oleh seluruh keluarga tanpa mengenal derajat kekayaan. Beberapa restoran sunda ternama pun memiliki menu ulukutek oncom ini sebagai pelengkap. Karena jika tidak ada menu yang terbuat dari oncom, maka restoran tersebut bukanlah restoran sunda. Jadi, janganlah gengsi untuk membuat dan memakan ulukutek oncom ini. 

Banyak pula warung-warung yang menjual ulukutek oncom di berbagai penjuru kota di daerah sunda, harganya yang murah dapat membuat pembeli menjadi lebih leluasa untuk memakkannya. Tetapi tetap saja, citarasa yang diberikan dari tangan warung dapat berbeda dari citarasa yang diberikan oleh tangan anda. Maka dari itu, saya akan memberika resep dari ulukutek oncom agar anda bisa membuatnya sendiri dirumah, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Ulukutek Oncom & Leunca :
resepmasakan-sunda.blogspot.com
Bahan-Bahan
•    1 potong oncom (ditumbuk kasar terlebih dahulu)
•    1/4 kg leunca, bersihkan
•    1 genggam daun kemangi
•    3 lembar daun salam
•    2 cm lengkuas, memarkan
•    2 batang sereh, memarkan
•    4 buah bawang putih, cincang halus
•    4 buah bawang merah, cincang halus
•    10 buah cabe rawit utuh, jika suka pedas dapat diganti menggunakan cabai keriting
•    Gula secukupnya
•    Garam secukupnya
•    Penyedap rasa
•    50ml air

Cara membuat
  1. Panaskan setengah gelas minyak goreng, lalu tumis bawang merah bawang putih, lengkuas, sereh, daun salam dan cabe rawit utuh hingga harum.
  2. Setelah bumbu merata, masukkan oncom sambil diaduk rata. Lalu tambahkan gula, garam, penyedap rasa dan air.
  3. Kemudian masukkan leunca, aduk kembali hingga merata.
  4. Tumis hingga oncom dan leunca sedikit lemas, masukkan daun kemangi, aduk sebentar alu angkat.
  5. Ulukutek oncom dan leunca siap dinikmati.
resepmasakan-sunda.blogspot.com 
Mudah kan cara membuat ulukutek oncom ini? Sangat singkat dan nikmat untuk dinikmati. Lebih nikmat, santaplah ulukutek oncom ini disaat siang hari bersama dengan nasi dan teh hangat. Membuat ulukutek oncom ini semakin menggoyang lidah anda. Dijamin, ketagihan adalah kata yang sangat pas dan yang sering dilontarkan oleh para pemula yang merasakan ulukutek oncom ini. Anda juga dapat berkreasi dengan ulukutek oncom ini, seperti membuat restoran khusus oncom mungkin? Dan masih banyak lagi. Ada satu resep lagi nih tak kalah enaknya, Resep Nasi Liwet Khas Sunda. Semoga anda menikmati resep yang saya berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar