20 Juni 2015

Resep dan Cara Membuat Nasi Liwet Khas Jawa Barat

 Resep dan Cara Membuat Nasi Liwet Khas Jawa Barat, resep nasi liwet, nasi liwet khas sunda, penjual nasi liwet, resep mudah sangu liwet,
Resep Membuat Nasi Liwet Khas Sunda | Nasi liwet sama saja dengan nasi  biasa, sama-sama bahan dasarnya adalah beras. Tapi, nasi liwet menggunakan santan dan menggunakan bumbu saat dimasak. Nasi liwet juga akan lebih nikmat jika dimasak diatas hawu atau kompor jaman dahulu yang apinya dari kayu bakar yang dibakar. Nasi liwet selalu ditemani berbagai macan lauk-pauk khas sunda, seperti ikan teri balado, tahu goreng, tempe goreng, ketimun, dan tak akan lengkap tanpa menggunakan sambal.

Nama Nasi Liwet atau orang sunda menyebutnya dengan "Sangu Liwet" sangat biasa jika orang sunda yang membaca ataupun mendengarnya. Nasi liwet mengingatkan pada suatu perkumpulan karena biasanya, nasi liwet disajikan ketika sedang ada perkumpulan bagi masyarakat sunda. Dari orang dewasa, remaja, dan anak-anak hampir semuanya dapat membuat Nasi Liwet bagi masyarakat sunda. 


Nasi liwet ini bisanya disantap ketika masih hangat dan membuat kebersamaan menjadi nyata. Orang-orang di kampung biasanya bergotongroyong membuat nasi liwet dalam jumblah banyak lalu di beberkan diatas daun pisang yand sudah bersih tentunya dan dibariskan panjang untuk memuat kebersamaan ketika berkumpul. Lalu bersama-sama mereka menyantap nasi liwet dengan gembira. Rasa gurih dari santan membuat kebersamaan menjadi nikmat dan lezat.

Nasi liwet sendiri terkadang tidak penting untuk rasanya, tetapi biasanya kebersamaanlah yang membuat nasi liwet semakin hidup. Maka dari itu, saya akan memberikan resep dan cara membuat nasi liwet dan berbagai macam lauk pauk yang pas untuk dimakan bersama nasi liwet, agar anda dapat mencoba membuatnya ketika keluarga maupun teman-teman anda sedang berkumpul bersama, Berikut Resep & Cara Membuat Nasi Liwet :
resepmasakan-sunda.blogspot.com

Bahan & Langkah Membuat Nasi Liwet

Bahan:
•    500gr beras
•    1200ml santan
•    4 lembar salam
•    1 batang serai
•    1 iris laja, memarkan
•    1 sdm garam

Cara membuat:
1.    Didihkan santan dengan daun salam, serai, laja, dan garam.
2.    Lalu tambahkan beras yang sudah dibersihkan.
3.    Masak hingga mendidih dengan api sedang (aduk sesekali),
4.   Setelah mendidih dan agak mengental, kecilkan apinya dan masak diatas panci katel (dijual dengan nama panci liwet) selama kurang lebih 1 jam.
5.    Setelah nasi matang, biarkan tetap hangat dan tambahkan lauk pauknya.

Bahan & Cara Membuat Teman Sangu Liwet

Bahan Balado teri :
•    125gr teri, dicuci bersih
•    25gr cabai merah
•    1 sdm irisan bawang merah
•    1/2 sdm irisan bawang putih
•    Minyak untuk menumis dan menggoreng

Cara Membuat Balado teri :
1.    Goreng teri, sisihkan
2.    Cabai merah, bawang merah, dan bawang putih (Haluskan)
3.    Tumis cabai yang telah dihaluskan hingga matang,
4.    Campurkan teri yang telah digoreng kedalam tumisan, lalu aduk rata.
5.    Kemudian angkat dan sajikan diatas nasi liwet bersama tempe goreng, tahu goreng, lalap, dan sambal goreng.

resepmasakan-sunda.blogspot.com

Mudah bukan? Anda dapat membuatnya bersama dengan keluarga dan menyantapnya bersama teman maupun keluarga. Karna bersama teman maupun keluarga, hidup akan semakin bermakna dan hari akan semakin sempurna. Dari nasi liwet ini anda bisa membuat kreasi sendiri dengan menambahkan lauk pauk yang menurut anda favorit bagi anda dan dipadu-padankan dengan nasi liwet ini. Selamat menikmati resep dari saya. Nih ada Resep Lotek Khas Sunda yang perlu kamu ketahui.

1 komentar:

  1. Salam kenal.
    Kalau bahasa jawa, sangu artinya uang jajan. Hehe

    BalasHapus