27 April 2015

Resep Masakan Sunda Sederhana

Resep Masakan Sunda Sederhana | Aneka ragam makanan khas Sunda menjadi primadona di tanah Nusantara. Yang membuat makanan-makanan asli sunda itu primadona yaitu kesederhanaannya. Saat budaya luar masuk ke negeri kita, tapi makanan sunda tetap eksis di lidah masyarakat sunda, bahkan se-Indonesia. Dari kesederhanan komponen dalam masakan sunda, membuat kita bisa mencoba memasak didapur kesayangan kita.

http://resepmasakan-sunda.blogspot.com, Resep masakan sunda sederhana, hidangan sunda, hidangan ikan mas, ikan gurame

Olahan masakan  yang bahan utamanya dari ikan air tawar serta ikan air laut juga menjadi hidangan masakan sunda yang sederhana dan istimewa. Ikan air tawar yang menjadi bahan untuk di buat olahan masakan yang enak  itu seperti ikan mas, ikan lele, ikan gurame, serta ikan nila dimasak secara digoreng atau dibakar. Olahan masakan dari ikan air laut pun menjadi daftar Resep Masakan Sunda Sederhana, biasanya ikan air laut ini dalam bentuk yang sudah diasinkan. Seperti ikan peda asin, ikan teri, jambal, cumi-cumi, serta ikan pari asin, hidangan dengan bahan utama ikan air asin ini bisa kita temui di masyarakat sunda sehari-hari. Hidangan ikan air tawar serta ikan air laut ini disajikan dengan sambal serta kecap manis yang diberi potongan cabe dan bawang merah.

pepes ikan mas, pais ikan emas, hidangan khas sunda, masakan pepes ikan mas, resep pepes ikan mas, resep sederhana pais ikan mas

Tak hanya diolah dalam bentuk digoreng maupun dibakar, di Sunda bahan ikan dapat diolah dalam bentuk Pais  atau Pepes. Pais merupakan ciri khas sunda dimana cara memasaknya dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkus bahan utama. Pepes ini juga sering kita temui di rumah makan sunda, yang paling popular yaitu pais lauk mas, selain itu pepes ikan teri pun menjadi primadona di masyarakat sunda. Hidangan pepes ini termasuk kedalam daftar Resep Masakan Sunda Sederhana, sehingga masakan sunda menjadi bervariasi.

bakakak hayam khas sunda, cara membuat bakakak hayam, resep masakan bakakak hayam khas sunda, aneka hidangan ayam, Resep Masakan Sunda

Didalam Resep Masakan Sunda Sederhana, selain pepes ikan, daging ayam dapat diolah dalam bentuk pepes. Pada pepes ayam di dalamnya terdapat ayam yang sudah dibaluri dengan racikan bumbu kuning serta bumbu penyedap lainnya. Selain itu daging ayam juga dapat diolah dengan digoreng ataupun dibakar, juga disajikan dengan sambal diatas cobek serta kecap, menambah nikmat dari hidangan ayam ini. Contoh olahan ayam yang dibakar khas sunda itu ialah Bakakak Hayam. Seekor ayam yang sudah dibersihkan serta diberi bumbu khusus,  dibakar diatas arang. Biasanya pemasakn memakai sebilah bambu sebagai penjepit ayam untuk memudahkan dalam pembakaran. Hidangan Bakakak hayam ini sering kita jumpai di acara-acara pernikahan adat sunda.

1 komentar:

  1. RINI APOTIK
    JUAL ANTI SEPTIK & SENSI MASKER EARLOOP

    MINIMAL ORDER 10 BOX

    Daftar Harga :
    1 Karton Isi 40Box
    Harga : Rp 1.200.000

    1 Box Isi 50pcs
    Harga : 55000

    Minimal pengambilan 10 boks & maksimal pengambilan 1 format 3 dus.

    READY DETTOL HAND SANITIZER 50ML
    1PCS IDR.15K
    1KARTON ISI 24PCS IDR.350K

    READY DETTOL HAND SANITIZER 100ML
    1PCS IDR.25K
    1KARTON ISI 24PCS IDR.530K

    READY DETTOL HAND SANITIZER 245ML
    1PCS IDR. 45K
    1KARTON ISI 24PCS IDR.870K

    READY DETTOL HAND SANITIZER 500ML
    1PCS IDR. 67K
    1KARTON ISI 24PCS IDR.1,4K

    READY DETTOL HAND SANITIZER 750ML
    1PCS IDR. 85K
    1KARTON ISI 24PCS IDR.1,7K

    ALAMAT PENGAMBILAN:
    INFO WA : 085321740123

    JL. BALAI PUSTAKA TIMUR NO.12 , RT.4/RW.11, RAWAMANGUN, KEC. PULO GADUNG, KOTA JAKARTA TIMUR, DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA 13220.

    BalasHapus